5 Jan 2011

Spesifikasi baru Wi-Fi Alliance memungkinkan terhubung secara langsung tanpa hotspot

Konsorsium Wi-Fi Alliance telah mengumumkan spesifikasi Wi-Fi baru yang memungkinkan antarperangkat untuk terhubung secara langsung satu sama lain tanpa hotspot. Spesifikasi baru ini di namai Wi-Fi Direct, dan siap di komersilkan.

   Aliansi ini telah mulai mensertifikasi produk untuk Wi-Fi Direct, dan sejauh ini sudah ada lima chipset bersetifikat siap untuk diintegrasikan ke dalam berbagai perangkat dari perusahaan, seperti Atheros,Broadcom,Intel,Ralink,dan Realtek. Tujuan dari spesifikasi dan hardware baru adalah untuk memungkinkan antar perangkat terhubung secara langsung satu sama lain untuk bertukar data, seperti file dan gambar tanpa perlu hotspot.

   Bagian yang menarik dari spesifikasi Wi-Fi terbaru adalah bahwa hanya salah satu perangkat yang membutuhkan Wi-Fi Direct. Setiap perangkat yang memiliki fasilitas Wi-Fi dapat terhubung ke perangkat Wi-Fi direct  dan berbagi data melalui koneksi Wi-Fi. Memang cara kerjanya tak jauh berbeda dengan Hotspot, hanya saja dengan Wi-Fi Direct suatu perangkat PC bisa menjadi server.

   Spesifikasi baru ini juga aman dengan koneksi menggunakan otentikasi dan enkripsi WPA2. Protokol keamanan merupakan bagian dari koneksi Wi-Fi Direct



source : PCMedia

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger